hari menanam pohon indonesia

Karya:Ahmad Aldian)*

Hari Menanam Pohon Indonesia, Hari Menanam Pohon Indonesia pertama kali diresmikan oleh Presiden Republik indonesia yaitu Susilo Bambang Yudhoyono pada 28 November tahun 2008. Kegiatan ini ditujukan untuk memasyarakatkan gerakan menanam pohon dan melestarikan pohon secara nasional, sebagai sikap hidup dan budaya bangsa. Peresmian itu dituangkan dalam bentuk Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2008 tentang Hari Menanam Pohon di Indonesia. Saat itu, peringatan ini di laksanakan dengan penanaman pohon secara serentak di Indonesia.Lalu, dilanjutkan dengan penetapan kegiatan menanam pohon selama bulan Desember sebagai Bulan Menanam Pohon Nasional (MPN).

Hal ini dilatarbelakangi pencanangan Aksi Penanaman Serentak Indonesia dan Pekan Pemeliharaan Pohon di Desa Cibadak, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor pada 28 November 2007. Kegiatan itu merupakan awal mulanya kegiatan menanam selama bulan Desember 2007 sebagai Bulan Menanam Nasional.

Gerakan ini diharapkan dapat menjadi momentum strategis bangsa Indonesia dalam usaha mengantisipasi perubahan iklim global, degradasi, deforestasi hutan dan lahan, serta kerusakan lingkungan lainnya yang mengakibatkan penurunan produktivitasi alam dan kelestarian lingkungan. Hari Menanam Pohon Indonesia 2023.

28 NOVEMBER 2023

)*siswa kelas 9

`Redaktur Pelaksana

Achmad Gilban Sobri Muntaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *